Rabu, 16 September 2009

Tujuan Hidup



"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS Adzdzariat :56)


Pernah kita sampaikan sebuah pertanyaan sederhana dalam sebuah forum :

Untuk apakah kita hidup di dunia?

Ayo silahkan yang bisa tunjuk jari…!!!(wah kayak cerdas cermat aja..).Akan tetapi ternyata sebuah pertanyaan sederhana tersebut ternyata memancing berbagai macam jawaban. Ada yang menjawab “hidup ya untuk makan mas…”,”untuk nyari duit”,”untuk nyari jabatan”, “untuk ibadah”dan macem-macem lainnya.



Begitu banyak jawaban dan bisa jadi setiap kepala (baca :orang) akan mempunyai tujuan hidup yang berbeda-beda. Akan tetapi yang perlu kita tetapkan dan sentiasa kita segarkan adalah tujuan akhir kita yaitu “bahwa Allah menciptakan kita bertujuan untuk beribadah kepada Allah”(nggih… pak guru). Karena ketika kita sudah menetapkan tujuan hidup kita artinya kita sudah membuat orientasi yang akan mengendalikan hidup kita dan kita bisa membuat peta hidup yang akan kita jadikan landasan beraktivitas setiap hari.

Mungkin ada sebagian dari kita yang tabu kalau membicarakan tentang ibadah, takut dicap sok suci, kolot, tidak ngetrend, dll. “Berarti kita hidup hanya disuruh sholat saja, puasa saja, sodaqoh terus…?”(wah capek deh…).

Kalau kita bicara tentang ibadah maka perlu diketahui “apakah yang dimaksud dengan ibadah?”(waduh sulit pak guru…).

Menurut Muhammad bin Jamil Zainu dalam kitab “khudz ‘aqidataka”(perbaikilah aqidahmu) disebutkan bahwa ibadah adalah semua hal (aktivitas muslim) baik perkataan maupun perbuatan yang menjadikan Allah mencintainya.

Jadi ruang lingkup ibadah itu sangat luas mencakup semua aktivitas kita sehari-hari mulai bangun tidur sampai tidur lagi bahkan tidur kitapun adalah ibadah. Wallahu a’lam bi showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar